Online Shopping

Tentang Walmart Perusahaan Toserba yang Mendunia, Yuk Cari Tahu!

walmart adalah

Walmart adalah perusahaan Amerika Serikat yang bergerak dibidang pengoperasian jaringan toserba di seluruh dunia yang dikenal dengan nama Walmart Inc. Walmart memang sangat agresif melakukan ekspansi. Strategi ekspansi yang terakhir adalah masuk ke suatu negara, mengambil alih atau membeli ritel-ritel nasional.

Setelah dibeli, dirubah menjadi toko-toko Wal-Mart sehingga mendapatkan keuntungan berupa hilangnya kompetitor besar dan tempat strategis sekaligus karyawannya. Ini cara yang efisien dalam penggunaan dana.

Menciptakan kesan baik dan kepuasan pelanggan akan brand Wal-Mart. Ritel ini ingin konsumen mendapatkan image bahwa yang terbaik (murah). Caranya dengan berkomunikasi lewat televisi maupn media cetak. Karakteristik promosi mereka adalah penggunaan toko-toko dan pegawainya sendiri dalam iklan.

Apa itu Walmart

walmart 1

Wal-Mart Stores Inc. (NYSE: WMT) dipasarkan dengan nama Walmart adalah perusahaan Amerika Serikat yang mengoperasikan jaringan department store. Menurut Fortune Global 500 2008, Wal-Mart adalah perusahaan publik terbesar di dunia berdasarkan pendapatan. Didirikan oleh Sam Walton pada tahun 1962, Wal-Mart mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Saham New York pada tahun 1972.

Wal-Mart beroperasi di Argentina, Brasil, Britania Raya (dengan nama ASDA), Jepang (dengan nama Seiyu), Kanada, Meksiko (dengan nama Walmex), Puerto Riko, dan RRC. Wal-Mart pernah beroperasi di Jerman namun akhirnya tutup pada tahun 2006 karena merugi. Selain itu, Wal-Mart pernah membuka tokonya di Indonesia (di Supermal Karawaci) pada pertengahan tahun 1990-an namun ditutup karena kurang menguntungkan.

Walmart menjual apa aja? Walmart dapat menjual berbagai macam barang dagangan dan pakaian jadi, perlengkapan rumah tangga, buku, perhiasan, makanan dan minuman, persediaan farmasi, dan peralatan otomotif.

Sejarah Perusahaan Walmart

Walmart didirikan oleh Sam Walton pada tanggal 29 Maret 1918. Perusahaan yang berpusat di Bentonville, Arkansas, AS ini bergerak dalam sektor atau jenis industri ritel, toko diskon, supermarket atau toko berskala kecil. Pemasukan yang terkini ialah 404,16 miliar dolar AS. Sementara pendapatan bersihnya mencapa jumlah fantastis: US$ 13,59 miliar. Tak heran karena perusahaan ini mempekerjakan 2.100.000 orang karyawan.

Toko-toko ritel dan diskon muncul pertama kali di AS pada awal dekade 1950-an. Konsep toko ritel mengalami kenaikan pamor di AS. Sam Walton yang yakin bahwa konsumen AS menginginkan sesuatuyang lebih dari toko ritel membuka toko ritel dan diskon di Rogers, Arkansas. Walton telah menjelajahi seluruh bagian Amerika Serikat dan mendapatkan banyak pengalaman yang relevan dengan toko-toko diskon.

Ide dan upaya Walton membuat Wal-Mart menjadi salah satu perusahaan yang sudah berhasil mengubah dunia bisnis global. Ide toko ritel, toko diskon dan toko super yang ia gagas sudah mengubah dunia belanja dan konsumen. Kini perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 2,1 orang mitra dan karyawan langsungnya. Toko-toko Wal-Mart melayani lebih dari 176 juta konsumen di seluruh dunia per tahun.

Apakah Walmart Ada di Indonesia?

Pada 15 Agustus 1996, gerai Wal-Mart di Indonesia pun dibuka untuk umum di Lippo Supermal Karawaci seluas 16.486 meter persegi dalam 3 lantai (bernama Wal-Mart Supercenter). Tidak lama setelah itu, Wal-Mart juga membuka gerai keduanya di Mega Mal Pluit, seluas 17.000 m2.

Akan tetapi, tidak lama kemudian, hubungan Wal-Mart dan Lippo pun memburuk, terutama setelah Lippo mengakuisisi induk Mega-M, PT Matahari Putra Prima pada Maret 1997. Lippo dianggap jauh lebih fokus pada Matahari dan Mega-M dibanding Wal-Mart yang seharusnya keduanya bersaing.

Strategi Promosi Walmart

Promosi jitu Wal-Mart sebagai toserba dengan selalu memegang moto “everyday low price” artinya Wal-Mart menjamin semua produk yang ia tawarkan harganya murah setiap saat tanpa memainkan mark-upharga. Disisi lain dalam hal pendekatan promosi agar memudahkan pelanggan dalam melakukan belanja, Wal-Mart selalu menata stock display dagangannya berdasarkan kategori fungsi kegunaannya secara sistematis dan rapih.

Sebagai salah satu contoh dalam promosi produk-produk Wal-Mart dengan cara penggunaan layanan ponsel pintar (Smartphone). Aplikasi itu disebut mempunyai peta interaktif yang memberikan petunjuk lokasi barang, fitur input daftar barang belanja dengan suara, fitur pemindai barang sehingga mempercepat transaksi di kasir dan promosi-promosi di toko tersebut. Cara tersebut banyak ditiru oleh kompetitor Wal-Mart.

Sebagai pionir dari strategi discount merchandising, yaitu membeli langsung dari pemasok yang menawarkan harga paling murah, Sam Walton (Pemilik Wal-Mart) mampu menjual barang lebih murah dengan kuantitas lebih banyak. Strategi bermain dengan volume tinggi ini membuatnya mampu menegosiasikan harga beli yang lebih murah lagi untuk pembelian selanjutnya. Dengan begitu, volume penjualan dan profitnya pun meningkat.

Kelebihan Belanja di Walmart

Berikut ini adalah kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika belanja di Walmart:

  • Unggul dalam harganya yang rendah, pilihan produk yang sangat luas, layanan yang baik logistik yang menjaga harga tetap murah dan menjaga ketersediaan barang dan memiliki teknologi informasi yang maju.
  • Walmart mengaplikasikan sistem informasi pada pergudangan, komputerisasi manufaktur, titik penjualan dan pemrosesan pesanan online, serta manajemen hubungan pelanggan dan pemasok. Selain itu Wal Mart memiliki sumber daya keuangan, sumber daya fisik, struktur organisasi dan teknologi, sumber daya manusia, kemampuan berinovasi yang handal serta reputasi yang baik.
  • Wal-Mart memiliki inovasi dalam memadukan layanan belanja berdiskon, pusat optik, studio lukis, pemotretan, telepon seluler, salon, penyewaan video film, dan gerai makanan ringan.
  • Selain itu, Wal-Mart juga mendominasi pasar retail hingga ke pasar global. menggunakan perangkat lunak khusus untuk operasi intern perusahaan, sehingga memberikan biaya produk dan layanan menjadi efektif.
  • Walmart juga menerapkan RFID, yaitu pembuatan forecasting produksi dan pendistribusian barang menjadi lebih efisien, pemantauan keberadaan dan ketersediaan inventory menjadi lebih mudah, masalah stock opname maupun pencurian dapat diatasi, ketersediaan dan pergerakan barang selalu diperbaharui, meningkatkan promosi, menghemat dana dari biaya tenaga kerja, kerugian out of stock dan penyusutan barang, mencegah pemalsuan serta menjamin keamanan dan kelayakan produk.
  • Wal-Mart unggul pada teknologi komunikasi via satelit untuk distribusi dan logistiknya, sehingga biaya logistik maupun distribusi menjadi efisien. Wal-Mart menjadi pemimpin retail, karena mampu membawa kemajuan teknologi informasi.

Kekurangan Belanja di Walmart

Disamping dari kelebihannya, Walmart pun tetep mempunyai kekurangan. Berikut adalah kekurangan dari Walmart yang telah kami ulas:

  • Keberadaan dan Penempatan Gambar, Suara, serta Video Kurang efektif karena tidak memanfaatkan halaman awal sebagai etalase
  • Wal-mart hanya menawarkan beberapa barang dagangan online
  • Walmart menjual lagu online hanya terdapat tiga pilihan, MP3 download, Music CDs, dan Soundcheck

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *