Online Shopping

Alasan Menggunakan COD Sebagai Pembayaran Favorit

alasan memilih cod

Pada awalnya, Cash On Delivery atau COD adalah cara pembayaran yang dilakukan secara tunai saat beli barang secara online melalui forum jual beli Kaskus dimana pembayaran dilakukan dengan cara janjian untuk bertemu di titik yang sudah disepakati, orang-orang menyebutnya dengan istilah CODan. Tempat yang dijadikan untuk ketemuan saat melakukan transaksi, biasanya lokasi tersebut berada di tengah-tengah antara penjual dan pembeli.

Namun sekarang, pengertian COD atau Cash On Delivery adalah metode pembayaran yang dilakukan ketika pihak pembeli melakukan belanja online di e-commerce atau marketplace dan pembayaran akan dilakukan ketika barang telah sampai di tujuan setelah diantarkan oleh kurir jasa ekspedisi yang bisa COD.

statistik cod
Statistik COD di Indonesia 2020

Berdasarkan Data Statistik E-Commerce pada tahun 2020 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, dari sekitar 17 ribu usaha e-commerce di Indonesia yang telah didata, sistem COD merupakan metode pembayaran yang paling favorit atau paling banyak digunakan oleh pembeli saat melakukan belanja online yaitu sebanyak 73,04%.

Baca juga: Ini Tips COD yang Aman untuk Pembeli dan Penjual

Ada banyak alasan calon pembeli, terutama untuk mereka yang baru pertama kali bertransaksi secara online menurut survei Jakpat menyebutkan sebanyak 52% konsumen Indonesia memilih metode bayar di tempat atau CODan dalam satu tahun terakhir.

alasan menggunakan cod
Alasan Menggunakan COD

Berikut keuntungan dan alasan menggunakan COD berdasarkan survei yang dilakukan oleh Jakpat

1. Memastikan Barang Sampai

Data menyebutkan sebanyak 73% responden memilih layanan COD dengan alasan ingin memastikan barang yang telah mereka beli secara online bisa sampai terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran ke pihak jasa pengiriman yang bisa COD.

2. Sistem COD Lebih Simple dan Sederhana

Sebanyak 60% responden alasan memilih COD karena menganggap metode pembayaran tersebut tidak ribet dan sangat mudah saat melakukan transaksi. Konsumen hanya perlu membayar paketnya saat barang telah sampai ke alamat tujuan mereka.

3. Tidak Perlu ke ATM

30% responden menyebutkan konsumen merasa malas dan cukup merepotkan saat melakukan pembayaran belanja online ke ATM terlebih dahulu. Cukup dengan memilih COD sebagai pembayaran, konsumen hanya perlu menunggu kurir COD sampai rumah setelah itu akan dilakukan pembayaran saat barangnya sampai.

Baca juga: Begini Sistem COD Bagi Penjual, Pedagang Online Harus Tahu

4. Tidak Mempunyai Akun Rekening Bank

Data survei mendata sebanyak 13% responden memilih pembayaran cash on delivery karena tidak memiliki akun rekening bank sebagai alasan menggunakan COD. Hal ini dikarenakan mereka bertempat tinggal di daerah pedesaan atau jauh dari daerah perkotaan, sehingga cukup sulit dan repot untuk mempunyai akses ke bank untuk mendaftar atau membuka rekening bank.

5. Tidak Mempunyai Dompet Digital

Data menunjukkan, 13% responden memilih sistem pembayaran COD atau Cash On Delivery karena tidak mempunyai dompet digital sebagai virtual accountnya. Karena pada umumnya belanja di eCommerce atau marketplace membutuhkan virtual account dompet digital sebagai metode pembayarannya.

Survei Jakpat ini dilakukan terhadap 1.054 responden di 25 provinsi pada bulan April sampai Juni 2021. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dari survei ini di bawah 3%.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Jakpat di semester I tahun 2021, pengguna COD didominasi oleh kalangan menengah ke bawah dan lebih populer di luar Pulau Jawa.

Hasil survei tersebut sinkron dengan data yang dikeluarkan oleh BPS. Menurut data BPS, Gorontalo menjadi provinsi yang paling sering menggunakan metode pembayaran COD, yaitu sebesar 93,48%. Kemudian, diikuti oleh Kalimantan Utara sebanyak 90,48%, Bengkulu sebanyak 89,78%, Kepulauan Bangka Belitung sebesar 89,05% dan Papua Barat sejumlah 88,97%.

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *