Online Shopping

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online yang Perlu Diketahui

kelebihan dan kekurangan belanja online

Sejak merebaknya virus Covid-19 di tahun 2020, belanja online menjadi aktivitas yang sangat populer. Banyak sekali orang yang berpindah dari kebiasaan belanja offline ke online.

Mengapa orang lebih memilih belanja online? alasan utamanya adalah kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan pemilihan barang dan pembayaran. Apalagi sekarang juga sudah ada berbagai aplikasi yang membantu untuk berbelanja secara online.

Meskipun begitu, bukan berarti aktivitas ini selalu memberikan keuntungan. Ada sejumlah kasus yang menunjukkan bahwa pembeli merasa dirugikan sebab paketnya hilang atau tidak sampai ke tujuan. Jadi, kenali dahulu tentang belanja online dalam artikel ini.

Apa itu Belanja Online

Apa itu belanja online? Yakni suatu aktivitas berbelanja yang dilakukan secara online dan biasanya dilakukan melalui aplikasi maupun website. Aktivitas berbelanja ini terbilang lebih mudah dan praktis.

Karena, kamu hanya perlu melihat foto atau gambar produk di toko online melalui ponsel, tablet atau komputer. Setelah tahu apa itu belanja online, kamu tidak harus datang ke tokonya langsung untuk melihat produk aslinya.

Jangan lupa menyambungkan perangkat ke internet sebelum menggunakannya untuk belanja online. Setelah internet tersambung, kamu bisa berbelanja melalui website, aplikasi hingga media sosial.

Jadi, pihak penjual dan pembeli akan terhubung melalui internet. Penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka secara langsung untuk bertransaksi. Biasanya penjual memanfaatkan aplikasi untuk menjual barang melalui Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya.

Mengapa Orang Lebih Memilih Belanja Online?

Melalui belanja online, kamu bisa memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari dengan mudah melalui internet dan hanya perlu menunggu barangnya sampai di rumah, misalnya peralatan rumah tangga, sekolah hingga kantor. Bahkan bisa juga membeli produk untuk keperluan hobi.

Selain proses transaksinya dilakukan secara digital, metode pembayarannya juga bisa mengandalkan cara digital. Contohnya pembayaran melalui rekening bank, m-banking, dompet digital dan lainnya.

Apakah kamu ingin melakukan belanja online atau offline? silahkan pertimbangkan dengan bijak. Akan lebih baik untuk membelanjakan uang sesuai keperluan dan dengan cara yang tepat.

Jika memang cara online menjadi solusi untuk menghemat waktu dan biaya, tentu tidak masalah untuk melakukannya, manfaatkan aktivitas tersebut secara bijak.

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Meskipun belanja online terlihat banyak manfaatnya, tetepi belanja online tidak selamanya menguntungkan. Ada beberapa kasus dimana pembeli dirugikan, seperti barang hilang, paket nyasar atau tidak sampai tujuan. Hal ini bisa disebabkan karena penjual yang tidak jujur, ekspedisi yang kurang terpercaya, atau hal lain diluar kuasa penjual dan pembeli (force majeure).

Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan belanja online, yuk simak ulasan berikut ini!

Kelebihan Belanja Online

Apa kelebihan dari belanja online? Aktivitas ini sangat memudahkan dalam membeli produk maupun jasa tanpa perlu keluar rumah. Berikut ini sejumlah kelebihan dari aktivitas tersebut yang sebaiknya kamu tahu.

1. Hemat Tenaga dan Waktu

Salah satu kelebihan belanja online ialah bisa menghemat tenaga. Kamu tidak perlu berpindah dari satu toko ke toko lainnya untuk membeli barang yang dikehendaki. Cukup menggunakan akses internet, dapat bertransaksi dengan mudahnya.

Selain itu, kelebihan belanja online adalah waktu yang diperlukan untuk transaksi jauh lebih singkat. Bahkan, transaksi dapat dilakukan dari mana dan kapan saja selama tersambung dengan akses internet.

Misalnya di sela-sela belajar atau bekerja. Kamu bisa membuka ponsel, lalu belanja online. Tidak perlu pergi ke mana-mana untuk mendapatkan barang. Cukup tunggu barang yang dibeli sampai di tempat tujuan.

2. Pilihan Barang Lebih Banyak

Produk yang tersedia saat belanja online begitu beragam, ada kebutuhan pokok, perlengkapan kantor, perlengkapan sekolah, kebutuhan hobi dan lainnya. Semuanya bisa dibeli cukup mengandalkan gadget dan jaringan internet.

Sekarang ini toko online juga sudah ada di mana-mana. Ketika membutuhkan suatu barang, akan ada banyak pilihan produknya. Misalnya ingin belanja online sepatu, ada berbagai pilihan mulai dari model, warna hingga ukuran.

Kalau misalnya menemukan satu toko online yang pilihan produknya kurang banyak, kamu bisa beralih ke toko lainnya. Hanya cukup menggunakan ponsel atau komputer bisa langsung berpindah toko online secara mudah.

3. Lebih Mudah Mencari Barang

Belanja online begitu memudahkan untuk menemukan barang yang dikehendaki. Kamu hanya perlu mengetik produk yang diinginkan di mesin pencari. Lalu, akan muncul produk terkait dengan pilihan sangat beragam.

Bahkan, juga akan membantu untuk menemukan produk yang sulit ditemukan di dekat rumah. Contohnya saja mendapatkan produk yang hanya dijual di luar negeri. Ini juga alasan mengapa orang lebih memilih belanja online.

Semuanya cukup dilakukan menggunakan gadget dan koneksi internet. Nantinya, produk yang dibeli akan dikirimkan ke rumah. Lalu, cukup menunggu barangnya datang diantarkan oleh pihak ekspedisi.

4. Pembayaran Lebih Praktis

Apa kelebihan dan kekurangan dari belanja online? Kelebihan lainnya ialah pembayaran jauh lebih praktis. Proses pembayarannya terbilang lebih mudah bahkan lebih cepat.

Sekarang ini sudah ada beragam pilihan untuk pembayaran online. Misalnya saja transfer bank, dompet digital atau melalui minimarket. Kamu tidak perlu repot-repot menghitung uang tunai untuk membayar produk.

Cukup duduk saja sembari klik beberapa menu atau opsi pembayaran di smartphone. Lalu, tunggu saja pembayaran dan pemesanan barangnya diproses. Setelah itu, barangnya akan dikirimkan ke alamat yang kamu mau.

5. Banyak Promosi Diskon, Gratis Ongkir atau Cashback

Banyak promosi menjadi salah satu alasan mengapa orang lebih memilih belanja online. Misalnya saja berupa potongan harga, cashback, beli satu gratis 1 maupun promo lainnya. Inilah yang menjadikan alasan kenapa belanja online lebih murah.

Biasanya ada hari khusus di mana penjual memberikan promo untuk pembeli. Misalnya ketika hari raya, hari kemerdekaan, harbolnas, ulang tahun penjual dan lainnya.
Ini juga bisa menjadi alasan kenapa belanja online lebih murah. Adanya promosi tentu membuat pengeluaran jadi lebih sedikit. Bahkan, bisa mendapat lebih banyak barang.

Promo sendiri memang sangat umum dilakukan oleh toko online untuk menarik minat pembeli. Jadi, tidak perlu heran jika sering menemukan promo di toko online daripada toko offline.

6. Bisa Cek Review Produk

Kelebihan lainnya dari belanja online ialah bisa cek review produk. Biasanya pembeli akan meninggalkan review produk pada etalase toko online. Jadi, kamu bukan sekedar bisa melihat foto produk, namun juga review dari pembeli lainnya.

Ketika barangnya berkualitas, biasanya review dari pembeli cukup bagus. Misalnya saja produknya awet, warnanya bagus, fungsinya optimal dan lainnya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu membeli produk.

7. Bisa Cek Reputasi Penjual

Kelebihan dari belanja online lainnya ialah bisa cek reputasi penjual. Kamu bisa tahu apakah penjualnya benar-benar asli atau hanya ingin menipu pembeli. Kemudian bisa tahu juga apakah penjualnya sangat bertanggung jawab atau hanya mengejar keuntungan.

Kekurangan Belanja Online

Meskipun sangat menguntungkan dan punya banyak kelebihan, tentu ada juga kekurangan belanja online. Sebaiknya kamu mengenali beberapa kekurangannya di bawah ini.

1. Barang yang Datang Tidak Sesuai

Ketika melakukan belanja online, kamu pasti punya ekspektasi tersendiri, bukan? Namun, ekspektasi ini tidak selalu bisa jadi kenyataan. Karena, terkadang barang pesanan yang datang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Karena kamu tidak bisa melihat dan menyentuh produk secara langsung, membuat ekspektasi tidak selalu jadi kenyataan. Tidak jarang, akan mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Kamu bisa mengurangi risiko ini dengan membaca deskripsi produk secara cermat. Kemudian, baca juga ulasan atau review dari pembeli lainnya. Hal ini akan meminimalisir ekspektasi produk yang kurang sesuai.

2. Tidak Bisa Melihat dan Mencoba Barang Langsung

Kelemahan belanja online lainnya ialah tidak bisa melihat dan mencoba barang secara langsung. Kamu hanya bisa melihat foto atau video produknya melalui layar smartphone.

Misalnya saja ingin membeli sepatu berukuran 216. Kamu hanya dapat melihat gambar sepatunya tanpa bisa tahu apakah benar-benar akan muat di kaki. Meskipun biasanya kamu bisa memakai sepatu berukuran 216 ketika membeli di toko secara offline.

Jadi, hal ini menjadi kelemahan tersendiri dalam belanja online. Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan pandangan tentang produknya.

Coba baca deskripsi, baca review pembeli, perhatikan foto dan video produk. Kamu bisa sedikit mengira-ngira apakah nanti barangnya cocok. Setidaknya jangan hanya melihat foto ketika ingin membeli barang secara online.

3. Lebih Boros Belanja

Kekurangan lain belanja online ialah membuatmu jadi lebih boros karena adanya kemudahan dalam belanja secara online. Bisa saja kamu jadi lebih boros karena ada banyak sekali penawaran produk di smartphone. Tanpa adanya manajemen keuangan untuk masa depan, bisa saja pengeluaran semakin membengkak.

Untuk mengurangi risiko kekurangan dari belanja online, kamu perlu berbelanja sesuai dengan keperluan dan dana yang tersedia. Jangan sampai membeli produk secara sembarangan tanpa memperhatikan keperluan maupun ketersediaan dana.

Mungkin saja kamu merasa tidak masalah untuk sering berbelanja online. Karena banyak orang juga punya alasan kenapa belanja online lebih murah.

Namun, coba pikirkan saja jika hanya membeli produk tanpa mempertimbangkan keperluan. Bukankah hasilnya hanya akan membuang uang sementara produknya tidak terpakai? Bahkan, mungkin saja produknya juga akan memenuhi tempat.

4. Rawan Kasus Penipuan

Kekurangan lainnya dari belanja online ialah rawan penipuan. Contohnya saja barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan foto di etalase toko online. Contohnya lagi barangnya tidak dikirim.

Namun, kamu bisa saja menghindari risiko ini dengan memperhatikan penjualnya secara cermat. Tentu harus bisa membedakan mana penjual yang amanah dan mana penipu, bukan sekedar memutuskan lebih baik belanja online atau offline.

Supaya belanja online jadi lebih aman dari penipuan, coba baca ulasan atau review dari pembeli. Jadi, bisa terhindar dari toko online yang suka menipu pembelinya.

5. Risiko Hilang dan Rusak Saat Pengantaran

Ketika membahas risiko barang hilang dan rusak ketika perjalanan, lebih baik belanja online atau offline? Sebenarnya risiko semacam ini memang sangat menghantui.

Akan tetapi, masih bisa diminimalisir dengan memilih ekspedisi terpercaya. Tentu ekspedisi terpercaya akan lebih memperhatikan keamanan sehingga barang tidak mudah rusak ketika diantarkan ke alamatmu.

Selain itu, kamu bisa menambahkan layanan pengemasan barang yang lebih aman. Tambahkan juga layanan asuransi pada baran yang memang mudah rusak seperti barang elektronik.

6. Pengiriman yang Lama

Ketika belanja online, kamu tidak akan langsung menerima produk yang dibeli. Harus menunggu selama beberapa hari atau beberapa minggu sampai produknya tiba di rumah.

Proses pengiriman dari toko online menuju rumahmu tentu membutuhkan waktu. Terutama jika lokasinya jauh, sudah pasti waktu pengiriman jadi lebih lama. Jadi, penting sekali memperhatikan kelebihan dan kekurangan belanja online.

Sebelum melakukan transaksi pembelian dalam belanja online, sebaiknya cari tahu dahulu estimasi waktu pengiriman. Supaya bisa tahu kira-kira kapan produknya akan sampai di rumah.


Kekurangan belanja online mungkin saja sangat merugikan ketika barangnya dibutuhkan untuk acara khusus. Misalnya sudah berusaha membelinya jauh-jauh hari, namun saat sudah waktunya dibutuhkan, barangnya masih belum sampai.

Untuk menghindari kejadian semacam itu, kamu perlu mengisi alamat pengiriman secara lengkap dan jelas. Lalu, memilih ekspedisi terpercaya. Jadi, bisa mengurangi risiko keterlambatan pengiriman barang.

Lebih Baik Belanja Online atau Offline?

Setelah membaca berbagai kelebihan dan kekurangan belanja online, mungkin kamu jadi bertanya-tanya mana yang lebih baik. Apakah lebih baik belanja secara offline atau online.

Ketika membahas lebih baik belanja online atau offline, kamu cukup memilihnya berdasarkan keperluan. Karena, masing-masing sistem belanja punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Memang banyak orang terlalu memikirkan mana yang paling baik atau paling buruk. Padahal, bisa memilih salah satunya sesuai dengan kondisi yang ada.

Misalnya saja ingin membeli obat setelah batuk-batuk usai minum es. Tentu akan lebih baik jika langsung membeli obatnya di toko atau apotek terdekat. Namun, jika ingin membeli barang yang tidak mendesak, berbelanja secara online bisa jadi pilihan.

Sekarang ini, belanja secara online sudah menjadi trend di kalangan masyarakat. Kalau kamu juga tertarik untuk belanja online, pastikan mengenali kelebihan dan kekurangannya dalam artikel ini supaya tidak mengalami kerugian karena sekedar mengikuti trend.

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *