Logistik

Cara Penulisan Alamat Paket dan Surat yang Benar Sesuai KBBI

penulisan alamat yang benar

Harus diperhatikan dengan cermat penulisan alamat paket maupun surat. Apalagi bila kamu merupakan pelaku bisnis online, harus memastikan cara menulisnya sesuai KBBI. Jadi, saat ingin mengirimkan paket, bukan hanya perlu memperhatikan packingnya saja.

Tapi, juga memperhatikan cara menulis alamatnya. Penulisan alamat yang benar akan sangat berpengaruh terhadap proses pengiriman paket dan surat tersebut menjadi tepat waktu sesuai estimasinya. Agar lebih paham penulisan alamat surat yang tepat, simak ulasan berikut.

Alasan Penulisan Alamat Harus Lengkap

Pertanyaannya, mengapa alamat harus ditulis dengan cara lengkap? Jawabannya adalah supaya paket benar-benar sampai di lokasi tujuan alias tidak mengalami salah penerima. Ketika tidak lengkap dan asal kirim, ada potensi besar paket tersebut tidak sampai lokasi tujuan.

Atau bisa sampai tapi lebih lama dibandingkan waktu yang sudah diperkirakan sebelumnya. Jadi, penulisan alamat yang benar, lengkap dan sesuai standar harus dilakukan bila ingin paket atau surat sampai tujuan dengan tepat waktu sekaligus sesuai lokasi penerimanya.

Cara Penulisan Alamat yang Baik dan Benar

Ada standar khusus dalam penulisan alamat paket supaya kurir dengan mudah mengantarkannya. Labelnya juga penting dibuat serapi mungkin agar pihak kurir dengan mudah membaca informasi tertera.

Lokasi Tujuan dan Pengirim

Salah satu metode yang bisa dilakukan untuk membuat tampilannya rapi yaitu dengan mencetaknya. Tidak sedikit orang bertanya, bagaimana cara menulis alamat sesuai KBBI? Jawabannya bisa kamu simak lebih lengkapnya pada uraian berikut.

Penulisan Alamat Tujuan:

  • Nama Penerima:
  • Alamat:
  • Nomor Telepon:

Terlihat sederhana, bukan? Nah, walau sederhana, penulisan alamat menjadi hal krusial jika tidak ditulis dengan lengkap. Pastikan Anda mencantumkan hal-hal di bawah ini:

  • Nama perumahan atau nama tempat (Jika ada)
  • Nama jalan atau gang
  • RT dan RW
  • Kelurahan/Desa
  • Kecamatan
  • Kota/Kabupaten
  • Provinsi
  • Kode Pos
  • Negara (jika perlu)

Mengapa tiga hal di atas menjadi bagian yang penting bagi jasa pengiriman? Lagi-lagi agar paket Anda sampai pada tujuan yang sesuai. Tiga hal di atas juga memiliki fungsi tersendiri.

Nama Penerima: Saat paket berhasil tiba pada alamat yang tertera, kurir akan memastikan bahwa alamat tersebut sesuai dengan nama penerima.

Alamat: Tidak perlu dipungkiri lagi, bagian ini akan menjadi petunjuk awal jasa pengiriman dalam memastikan paket tiba dengan tepat. Jika alamat yang tertera tidak lengkap, besar kemungkinan barang tidak sampai pada penerima.

Nomor Telepon: Jika penerima paket tidak sedang berada di alamat tujuan, kurir dapat menghubungi melalui telepon untuk melakukan konfirmasi terhadap barang yang dikirimnya.

Pencantuman di Surat

Penulisan alamat tujuan surat yang tepat adalah sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya pada poin pertama. Penulisan alamat surat yang tepat harus memperhatikan cara memosisikan label tersebut.

Paket surat dengan amplop putih panjang, penulisan alamat tujuan bisa diposisikan pojok kanan bawah. Sedangkan pengirim di bagian belakang posisi tengah. Ketika amplopnya cokelat besar, posisikan pengirim pada pojok kiri atas dan tujuan pojok kanan bawah.

Pencantuman di Kotak atau Kardus

Selanjutnya, bagaimana cara menulis alamat di paket? Bila bentuknya bukan surat, melainkan kontak atau kardus. Informasi pengirim dan penerima, bisa dituliskan pada selembar kertas, lalu ditempelkan ke atas kardus.

Tambahkan selotip bening supaya kertas tersebut tidak sobek dan tetap aman saat terkena hujan selama pengiriman. Jadi, ketika paketnya berbentuk kardus, selain memperhatikan penulisan alamat juga perlu menjaganya agar aman selama perjalanan.

Contoh Penulisan Alamat Rumah yang Benar

Apakah kamu masih bingung penulisan alamat yang benar seperti apa? Supaya lebih paham, mencermati contohnya secara langsung akan sangat membantu. Alamat rumah ini nantinya mencakup dua aspek, yaitu milik pengirim dan penerimanya.

Penulisan alamat surat yang tepat adalah bukan hanya berlaku untuk penerima saja, tapi juga pengirim. Hal ini bisa mengantisipasi bila domisili penerima tidak ditemukan karena sudah pindah atau alasan lainnya, dapat langsung dikembalikan ke pengirim. Berikut beberapa contohnya:

Contoh 1 Penulisan Alamat Tujuan Surat yang Tepat adalah:
Kepada: Kirana Galuh Ayu
Alamat: Perumahan Harapan Bangsa
Jl. Semenanjung Blok B No. 9 RT. 01 RW. 02
Gumuruh, Batununggal, Bandung, Jawa Barat 40275
No HP Penerima: 085234234000

Contoh 2 Penulisan Alamat Surat yang Tepat adalah:
Nama Penerima: Santi Kurnia
Alamat: Apartemen Kamboja Tower 2 Lantai 12 No. 4B
Jl. Raya Bukit Permata, Kel. Cimalaka, Kec. Cimalaka
Kab. Sumedang, Jawa Barat Bandung 45353
HP Penerima: 081123654212

Pada dasarnya cara menulis untuk pihak pengirim maupun penerima itu sama saja, harus lengkap. Perbedaannya hanya terletak pada posisi peletakannya. Pahami dengan baik penulisan alamat diatas agar paket sampai ke lokasi tujuan tepat pada waktunya.

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *