Logistik

Awas! Ini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri dan Tipsnya

ciri ciri penipuan paket luar negeri

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri penting dipahami dengan baik untuk kemudian nantinya diwaspadai. Ditambah lagi seiring berjalannya waktu semakin banyak oknum memanfaatkan kemudahan melakukan jual beli online produk luar negeri dengan menipu.

Sebagai informasi, pengiriman paket luar negeri itu berbeda dengan lokal alias dalam negeri. Ada prosedur khusus yang harus dipenuhi agar pengiriman paket berjalan lancar. Termasuk di dalamnya pembayaran biaya bea cukai dan lainnya yang disebut juga dengan istilah clearance.

Kondisi seperti ini dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk meminta pembeli membayar clearance lebih dulu, padahal produk belum dikirim. Untuk lebih meyakinkan korban, penipu seringkali memakai kurir palsu supaya terlihat produk sedang dikirimkan.

Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Walaupun produk yang ditawarkan penipu tampak menarik, jangan mudah tergiur menerimanya. Jangan sampai alih-alih ingin mendapatkan keuntungan, malah merugi akibat ceroboh. Kenali ciri ciri penipuan paket luar negeri berikut agar terhindar dari dampak merugikan tersebut:

1. Modus PDKT melalui Media Sosial

Secara umum, aksi penipuan satu ini dilakukan oleh para oknum tidak bertanggung jawab lewat media sosial. Modus mereka diawali dengan berkenalan lewat media sosial, lalu mengaku sebagai penjual produk luar negeri.

Atau bisa juga mengaku sebagai pihak pengirim hadiah dari luar negeri. Agar terlihat meyakinkan, biasanya mereka sudah mengetahui data diri korbannya. Mulai dari nama lengkap, alamat rumah atau bisnis, email hingga nomor telepon.

2. Menggunakan Jasa Kurir Palsu

Selanjutnya, ciri ciri penipuan paket luar negeri adalah memakai layanan kurir palsu. Untuk melancarkan aksi ini, akan ada minimal dua orang yang berperan. Orang pertama bertugas melakukan modus kepada korban dengan mengajak berkenalan secara personal.

Baca juga: Brand Jasa Pengiriman Terpopuler di Indonesia

Sebelumnya, orang pertama telah mengumpulkan data tentang korbannya. Orang kedua bertugas sebagai kurir palsu yang memperlihatkan seolah-olah melakukan pengiriman produk tersebut. Adanya kurir palsu bertujuan meyakinkan para korbannya.

3. Menggunakan Nomor Resi Palsu

Selain kurir palsu, penipu akan membuat nomor resi palsu untuk melancarkan aksinya. Nantinya nomor resi palsu yang dibuat sangat mirip dengan aslinya tersebut dikirimkan kepada korban agar terlihat sangat meyakinkan.

Agar terhindar dari ciri ciri penipuan paket luar negeri satu ini, sangat penting mengecek nomor resi apakah asli atau palsu ketika kamu memperolehnya. Pastikan lebih dulu bahwa perusahaan terkait memang ada wujudnya serta terpercaya.

4. Nomor Resi Tidak Bisa Dilacak

Karena yang digunakan penipu adalah resi palsu, maka otomatis nomor resi tersebut tidak bisa dilacak. Jika Anda ragu dengan keaslian nomor resi tersebut, segera hubungi customer service dari pihak ekspedisi agar bisa dicek keasliannya.

Gunakan fitur cek resi dari situs platform Cekidot.id untuk dapat melacak paket secara praktis dan akurat dengan lebih dari 20 ekspedisi di Indonesia.

5. Meminta Pembayaran Biaya Clearance

Saat pengirim produk di awal transaksi meminta pembayaran biaya clearance, sebaiknya waspadai. Mereka akan melancarkan aksi ini dengan beralasan produk sudah dikirimkan ke alamat tujuan di Indonesia, tapi pihak kurir tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Penyebabnya, biaya clearance belum dibayarkan. Penipu akan meminta korbannya supaya segera membayarkan uang sejumlah tertentu dengan cara transfer ke akun atau rekening mereka. Korban akan dipaksa membayar dengan iming-iming produk segera dikirimkan.

Baca juga: Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

6. Pelaku Tiba-Tiba Menghilang

Setelah korban pelaku masuk ke dalam perangkap dan mau mentransfer biaya clearance, mereka secara tiba-tiba akan menghilang. Ketika mengalami ciri ciri penipuan paket luar negeri satu ini, korban akan berada pada situasi sulit untuk mengatasinya.

Sebab, verifikasi kepada pihak kurir maupun bank akan sulit dilakukan dan memerlukan waktu lama akibat perbedaan negara. Di mana kondisinya, uang hasil transferan tersebut sudah diambil oleh penipu dan produk tidak sampai ke alamat tujuan korban.

7. Menggunakan Bahasa yang Tidak Profesional

Biasanya pelaku yang melakukan aksi penipuan tidak memakai bahasa profesional. Jadi, ketika mereka mengirimkan pesannya melalui email atau media sosial, sebaiknya amati jenis bahasa yang dipakai. Waspadai ketika bahasanya tampak rancu dan kacau.

Ciri ciri penipuan paket luar negeri satu ini yaitu salah grammar atau mengandung typo. Apalagi ketika pelaku mengaku berasal dari perusahaan atau bank tertentu. Di mana seharusnya bahasa yang dipakai profesional seperti layaknya institusi resmi lainnya.

8. Email dan Nomor Telpon Tidak Resmi

Ketika alamat email serta nomor telpon dari luar negeri yang menghubungi kamu tidak resmi, sudah sepatutnya untuk dicurigai. Terutama bila mengakunya sebagai perusahaan atau instansi besar, tidak mungkin menggunakan kontak tidak resmi.

Perusahaan profesional yang akan menjalin kerja sama atau memberikan hadiah tidak seharusnya memiliki nomor telpon dan email tidak resmi. Salah satu ciri alamat email tidak resmi adalah milik perseorangan dan kepemilikan domainnya tidak jelas.

9. Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Ciri ciri penipuan paket luar negeri lainnya yaitu lainnya yaitu meminta data pribadi yang sebenarnya tidak perlu dan terasa tidak masuk akal alias di luar nalar. Secara umum, data pribadi yang akan diminta saat ingin menjalin kerja sama adalah alamat email serta KTP.

Ketika yang mereka minta adalah foto KTP, password akun tertentu serta 4 digit nomor kartu debit, dapat dipastikan oknum tersebut adalah penipu. Sebab, informasi yang tidak perlu dan bersifat privasi tersebut ketika kamu berikan berpotensi disalahgunakan.

Baca juga: Hati-Hati Modus Penipuan Paket COD yang Terus Beredar

10. Mengaku Punya Perusahaan Importir Pribadi

Ada penipu yang melancarkan aksinya dengan mengaku sebagai pemilik perusahaan importir pribadi. Jadi, tidak menggunakan nama perusahaan importir yang sudah populer dengan tujuan menghindarkan mereka dari pelaporan kepada pihak berwajib.

Tujuan lainnya yaitu ingin korban lebih percaya kepada pelaku. Bisa dikatakan tujuannya untuk mengelabuhi korban. Agar terhindar dari ciri ciri penipuan paket luar negeri ini, cari tahu informasi terkait perusahaan dimaksud, apakah legal dan benar-benar ada.

11. Dilakukan oleh Dua Pelaku

Ciri terakhir yaitu dilakukan oleh dua orang pelaku. Bagian ini relevan dengan poin kedua yang sudah disebutkan sebelumnya. Dua orang pelaku dimaksud mencakup pengumpul informasi serta data pribadi korban dan kurir palsu.

Pihak pengumpul data bertugas mengelabuhi korban agar percaya dengan menawarkan iming-iming menarik. Pihak kurir palsu nantinya melakukan penyamaran agar terlihat seperti pengirim paket. Bisa juga mengaku sebagai pemilik layanan kurir pribadi.

Tips Mengatasi Penipuan Paket Luar Negeri

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika terlanjur mengabaikan ciri ciri penipuan paket luar negeri diatas? Untuk mengatasi modus kejahatan seperti ini, kamu bisa menerapkan berbagai cara berikut ini.

Lapor ke Website Lapor.go.id

Laporkan aksi penipuan tersebut ke situs lapor.go.id. Proses melaporkannya mudah, kamu hanya perlu melakukan pengaduan. Caranya dengan mengisikan formulir melalui website tersebut. Pastikan mengisikan seluruh informasi yang diminta dengan detail dan jujur.

Sesudah melakukan pengaduan karena menemukan ciri ciri penipuan paket luar negeri tersebut, tunggu proses verifikasi laporan oleh pihak berwenang. Mereka nantinya akan membantu menindaklanjuti kasus tersebut. Kamu hanya tinggal menunggu respons dari pihak lapor.go.id.

Cek Rekening Pelaku di Cekrekening.id

Agar terhindar dari kerugian akibat aksi penipuan paket luar negeri, kamu bisa melakukan upaya preventif. Salah satunya dengan memanfaatkan situs milik Kemkominfo bernama Cekrekening. Melalui situs ini kamu bisa mengetahui kegiatan mencurigakan pada rekening.

Sekarang ini penipu semakin pandai melancarkan aksi jahatnya, termasuk yang memiliki modus pengiriman paket produk luar negeri. Jadi, pahami dengan baik ciri ciri penipuan paket luar negeri diatas agar mereka gagal mendapatkan korban.

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

1 Comment

  • maya Kam, 6 Juli 2023

    saya punya kiriman dari luar negri katanya di kantor beacukai saya harus bayar 5 juta rp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *