Logistik

Resi Standard Express Tidak Bisa Dilacak? Ini Alasannya

kenapa nomor resi standard express tidak bisa dilacak

Masalah resi Standard Express tidak bisa dilacak memang terbilang menyebalkan dan terkadang terasa rumit. Nomor resi sendiri ialah kode unik guna menandai setiap paket yang dikirimkan.

Jadi, nomor resi bisa dianggap sebagai identitas dan bukti bahwa paket yang dikirimkan telah diproses oleh jasa ekspedisi menuju alamat tujuan. Kalau belanja online, biasanya pihak penjual maupun pembeli akan mendapatkan resinya.

Resi bisa dimanfaatkan untuk melacak lokasi dan status paket. Akan tetapi, tidak jarang proses pelacakannya kurang berjalan lancar. Kalau kamu sedang mengalaminya saat ini, coba baca dahulu kemungkinan penyebabnya.

Alasan Nomor Resi Standard Express Tidak Bisa Dilacak

Kalau kamu panik atau bingung ketika melakukan tracking paket karena resinya gagal dilacak, coba tenang sebentar. Mungkin saja kendala tersebut terjadi karena banyak penyebab. Berikut alasan resi Standard Express tidak bisa dilacak.

1. Nomor Resi Standard Express Belum Diproses

Kalau resi Standard Express tidak bisa dilacak, mungkin saja karena memang nomornya belum diproses oleh pihak Standard Express. Mungkin saja resinya sudah masuk ke data agen namun belum masuk ke sistem pusat.

Baca juga: Inilah Cara Mengecek Resi Shopee Express (SPX) via HP

Kalau resinya baru tercatat pada sistem agen, tentu kamu peru menunggu sampai tercatat di sistem pusat. Jadi, tunggu saja beberapa saat sampai nomor resinya di-input ke sistem pusat oleh petugas Standard Express.

2. Paket Standard Express Sedang Diverifikasi

Kenapa Standar Express tidak bisa dilacak? Mungkin saja paketmu masih di agen belum diangkut ke kantor pusat. Jadi, paketnya masih belum diverifikasi oleh pihak ekspedisi.

Mungkin juga paketmu sebenarnya sudah sampai di kantor pusat. Namun, masih menunggu antrian untuk diverifikasi. Kalau paketmu masih dalam proses verifikasi, tentu resinya belum bisa dilacak.

Kalau nomor resinya belum atau masih proses verifikasi, kamu cukup menunggu. Misalnya menunggu sampai 24 jam lalu mencoba melakukan tracking kembali.

3. Salah Memasukkan Nomor Resi

Pernahkah kamu salah menuliskan kalimat ketika mengirim pesan ke seseorang? Kalau hal semacam ini saja pernah terjadi, tentu ada kemungkinan kamu melakukan kesalahan serupa saat memasukkan resi pada layanan tracking paket.

Karena resi memuat beragam digit kode angka unik, tentu sangat mungkin kalau kamu salah memasukkan salah satu karakternya. Sehingga hasil pelacakannya tidak akan muncul atau error walaupun sudah mencoba berkali-kali.

Kesalahan semacam ini sangat wajar terjadi. Cukup teliti lagi saat memasukkan resinya. Pastikan tidak ada kesalahan pada salah satu karakternya.

4. Salah Memilih Ekspedisi

Misalnya saja seharusnya kamu memilih ekspedisi Standard Express ketika melakukan tracking paket pada layanan cek resi dari pihak ketiga. Namun justru keliru memilih JNE atau mungkin Lion Parcel. Bukankah hasil tracking sudah pasti tidak akan muncul?

Baca juga: Begini Cara Mengecek Nomor Resi Pengiriman Paket Lewat HP

Periksa kembali lembaran resinya, perhatikan ekspedisi yang tertulis pada resi tersebut. Kemudian pilih ekspedisi yang sesuai pada informasi lembaran resinya.

5. Resi yang Diterima Tidak Sesuai

Penyebab lain kenapa resi Standard Express tidak bisa dilacak adalah resinya tidak sesuai. Mungkin saja penjual salah mengirimkan resi sehingga kamu tidak bisa melacaknya. Jadi, coba tanyakan pada penjual apakah resinya sudah benar atau belum.

Maksud dari mempertanyakan resi ini bukan berarti berburuk sangka pada penjual. Namun, hanya untuk memastikan bahwa resinya sudah benar. Tentu ada saja kemungkinan penjual kurang teliti ketika mengirimkan resinya sehingga membuat kesalahan.

6. Server Resi Standard Express Sedang Gangguan

Resi Standard Express tidak bisa dilacak mungkin saja terjadi ketika server dari pihak ekspedisi mengalami gangguan. Misalnya saja karena jam sibuk di mana ada banyak sekali orang yang melakukan cek resi secara bersamaan sehingga server menjadi down.

Kamu bisa menghindari tracking paket ketika jam sibuk supaya terhindar dari risiko server down. Jam sibuk tracking paket umumnya adalah ketika jam makan siang. Jadi, coba lakukan tracking pada waktu ketika orang lain tidak melakukannya.

7. Layanan Cek Resi Pihak Ketiga Bermasalah

Alasan lain mengapa resi Standard Express tidak bisa dilacak mungkin saja karena ada masalah pada fitur tracking dari pihak ketiga. Kalau kamu menggunakan layanan dari pihak ketiga bukan fitur milik Standard Express, sangat mungkin mengalami masalah ini.

Gunakan layanan cek resi pada platform Cekidot.id untuk melacak posisi paket dengan hasil yang akurat dan interaktif. Kamu dapat mengecek pengiriman paket lewat HP kapanpun dan dimanapun dengan mudah.

8. Kadang Bisa Dilacak Kadang Tidak

Kalau kamu sudah pernah melakukan tracking paket dan berhasil, lalu sekarang tiba-tiba gagal, jangan panik. Mungkin saja memang sedang ada masalah sistem dari pihak ekspedisi atau pihak ketiga yang menyediakan fitur tracking paket.

Baca juga: Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi Lewat HP Lebih Praktis!

9. Nomor Resi Standard Express Palsu

Kalau kamu mendapatkan resi palsu, tentu saja tidak mungkin dapat melacak lokasi maupun status paketnya. Sebab, memang penjual tidak pernah mengirimkan paket melalui Standard Express ke alamat tujuanmu.

Cara Mengatasi Resi Standard Express yang Tidak Bisa Dilacak

Kalau kamu mengalami masalah resi Standard Express tidak bisa dilacak, coba teliti dahulu nomornya sudah benar atau belum. Kalau kemungkinan ada kesalahan, tanyakan dahulu ke pihak penjual.

Jika ternyata resinya sudah benar dan masih saja gagal dilacak sampai beberapa hari, solusi terakhir adalah bertanya ke customer service Standard Express. Supaya kamu dibantu dalam melacak paket.

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *