Logistik

Resi Shopee Tidak Bisa Dilacak? Cek Penyebabnya Disini!

kenapa nomor resi shopee express tidak bisa dilacak

Ketika mengalami resi Shopee tidak bisa dilacak, biasanya membuat penerima paket merasa khawatir terhadap kondisi barang. Terkadang mereka juga langsung mencoba protes ke penjual atau jasa ekspedisi.

Kalau kamu juga mengalami hal ini, tidak perlu merasa khawatir sama sekali. Sebab, ada sejumlah alasan yang mungkin membuat nomor resi gagal dilacak.

Jadi, mari kenali penyebabnya dari penjelasan dalam artikel ini. Akan kami berikan pula solusi untuk mengatasi masalah kegagalan cek resi.

Alasan Nomor Resi Shopee Express Tidak Bisa Dilacak

Kenapa nomor resi Shopee Express tidak bisa dilacak? Tentu ada beragam alasan mengapa hal semacam ini terjadi. Apakah kamu menjadi penjual atau pembeli di Shopee, kenali kemungkinan penyebab masalah tersebut.

1. Nomor Resi Shopee Express Belum Diproses

Salah satu alasan mengapa resi Shopee tidak bisa dilacak adalah nomor resinya belum diproses. Mungkin saja pihak Shopee Express baru memberikan resi sebagai bukti pengiriman.

Baca juga: Inilah Cara Mengecek Resi Shopee Express (SPX) via HP

Jadi, ketika kamu melacak paketnya, belum ada hasil. Karena memang pihak ekspedisi belum memproses resinya untuk bisa dilacak oleh pelanggan.

2. Paket SPX Sedang Diverifikasi

Kenapa nomor resi Shopee Express tidak bisa dilacak? Kemungkinan lainnya adalah paketmu masih dalam proses verifikasi oleh Shopee Express.

Setelah paket masuk ke kantor Shopee Express tentu akan diverifikasi terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke alamat tujuan. Selama proses verifikasi ini, resi tidak akan bisa dilacak. Karena memang paketnya belum dikirimkan ke mana-mana.

3. Sistem Tracking SPX Belum Real Time

Perlu kamu tahu resi Shopee tidak bisa dilacak bisa juga terjadi ketika agen pengiriman masih menggunakan sistem manual dalam pencatatan resinya. Biasanya ini terjadi ketika agen pengiriman ada di daerah yang jaringan internetnya terbilang terbatas.

Biasanya, resi dari agen pengiriman kecil masih mengandalkan bukti pengiriman dengan bentuk tulisan tangan. Lantas, pelanggan perlu menunggu pihak ekspedisi memasukkan nomor resinya pada sistem online.

4. Salah Input Nomor Resi

Masalah resi Shopee tidak bisa dilacak juga mungkin terjadi ketika kamu melakukan kesalahan dalam input nomornya. Misalnya saja ada digit angka yang terlewat. Misalnya lagi kamu salah menambahkan angka di depan atau belakang resinya.

Kalau kamu melakukan kesalahan satu digit angka saja, pasti hasil pelacakan tidak akan keluar. Walaupun sudah melakukan tracking sampai beberapa kali atau beberapa hari, tetap akan gagal.

Coba teliti resi yang tertera pada bukti pengiriman dari penjual. Pastikan untuk copy-paste dengan tepat. Jangan sampai ada nomor yang kurang atau justru tidak sengaja kamu tambahkan.

5. Resi yang Diterima Tidak Valid

Resi Shopee tidak bisa dilacak mungkin juga disebabkan karena kesalahan dari pihak penjual. Misalnya saja penjual mengirimkan resi yang kurang lengkap karena kesalahan pengetikan.

Baca juga: Cara Mengecek Resi JNT/J&T Express Lewat HP, Web, dan CS

Kalau resi yang dikirimkan tidak valid, sudah tentu kamu tidak bisa melacak keberadaan paketnya. Jadi, coba hubungi penjual untuk menanyakan apakah resinya sudah benar atau belum.

Tidak ada salahnya minta foto struk bukti pengiriman paket. Karena, struk bukti pengiriman memuat banyak nomor seri. Jadi, mungkin saja penjual salah mengetik nomor seri yang sebenarnya bukan resi.

6. Salah Memilih Ekspedisi

Kalau kamu mengalami resi Shopee tidak bisa dilacak saat menggunakan layanan tracking paket dari pihak ketiga, ada kemungkinan penyebabnya adalah salah memilih ekspedisi.

Jangan lupa memastikan sudah memilih ekspedisi Shopee Express ketika melakukan tracking paket melalui layanan dari pihak ketiga. Jika lupa atau salah memilih ekspedisi, tentu hasil pelacakannya tidak akan keluar.

7. Server SPX Sedang Bermasalah

Resi Shopee tidak bisa dilacak juga mungkin terjadi sebab sistem cek resi Shopee Express atau SPX sedang mengalami masalah. Misalnya saja server terlalu banyak mendapat kunjungan, sedang maintenance atau koneksi internet buruk.

Masalah pada server sangat umum terjadi terutama ketika hari besar. Misalnya saja saat harbolnas, black friday dan lainnya. Coba tunggu dahulu selama beberapa waktu untuk bisa melakukan tracking paket lagi.

8. Layanan Cek Resi Pihak Ketiga Sedang Gangguan

Selain server SPX mengalami gangguan, server dari layanan cek resi pihak ketiga juga mungkin mengalami gangguan. Jadi, kalau kamu gagal tracking paket, mungkin saja masalahnya pada layanan dari pihak ketiga.

Baca juga: Begini Cara Mengecek Nomor Resi Pengiriman Paket Lewat HP

Gunakan layanan cek resi di Cekidot.id dengan koneksi yang stabil dan bisa melacak paket lewat HP. Kamu juga dapat melakukan pengecekan resi paket untuk puluhan jasa pengiriman lainnya termasuk Shopee Express.

9. Kadang Bisa Dilacak Kadang Tidak

Kalau resi pernah kamu lacak dan memberikan hasil, lalu kamu cek lagi ternyata tidak memberikan hasil, mungkin sedang ada masalah sementara pada sistem milik SPX Express.

10. Nomor Resi SPX Palsu

Kalau resi tetap sulit dilacak, mungkin saja yang kamu terima adalah nomor resi palsu. Hal ini sangat umum dilakukan oleh penjual nakal untuk melakukan penipuan.

Cara Mengatasi Resi Shopee Express yang Tidak Bisa Dilacak

Kalau resi Shopee tidak bisa dilacak, tidak perlu marah-marah pada penjual. Cukup tunggu dahulu selama beberapa waktu sampai resinya masuk pada sistem dan bisa dilacak.

Jika sudah menunggu dan mencoba beberapa kali belum ada hasil, konfirmasi lagi ke penjual apakah resinya sudah benar atau belum. Jika resinya sudah benar dan kamu masih gagal melakukan tracking, hubungi customer service Shopee Express untuk meminta bantuan.

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *