Uncategorized

Pola Kalimat Bahasa Indonesia dan 8 Contoh Penggunaannya

pola kalimat

Kalimat adalah serangkaian kata yang disusun menggunakan pola tertentu. Menyusun pola kalimat dalam bahasa Indonesia adalah hal yang wajib diketahui terutama dalam membuat tulisan.

Sebuah pola dasar kalimat bahasa Indonesia pada dasarnya terdiri dari sebuah subjek dan predikat. Jika tidak ada kedua unsur tersebut, maka tidak bisa disebut dengan kalimat.

Pengertian Pola Kalimat

Pola kalimat adalah sebuah pola untuk menyusun sebuah kalimat menggunakan unsur Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan (S-P-O-K). Selain itu dalam sebuah kalimat juga bisa ditambahkan unsur lainnya seperti kata pelengkap.

Unsur Unsur Kalimat

Unsur unsur kalimat adalah suatu elemen pembentuk kalimat yang menciptakan pola kalimat. Kalimat disusun berdasarkan unsur-unsur yang berupa kata, frasa, dan atau klausa. Unsur-unsur kalimat itu adalah subjek, predikat, objek, pelengkap dan keterangan.

1. Subjek (S)

Subjek adalah seseorang yang melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan tertentu sebagai tokoh utama dalam sebuah kalimat. Selain orang, subjek juga bisa berupa binatang, tumbuhan, dan benda.

Contoh dari subjek dalam unsur kalimat adalah Alicia, Saya, Mereka, Gajah, dan lainnya.

2. Predikat (P)

Predikat sebagai unsur kalimat merupakan kegiatan yang sedang dilakukan oleh unsur subjeknya. Unsur kalimat predikat biasanya terdiri dari kata kerja, sifat, atau kata bilangan.

Contoh dari predikat dalam unsur kalimat adalah memasak, belajar, bekerja, dan lainnya.

3. Objek (O)

Objek adalah unsur kalimat yang punya interaksi dengan subjek melalui penghubung predikat dalam sebuah kalimat. Objek dalam kalimat bisa berupa orang, hewan, tumbuhan, dan lainnya. Biasanya objek yang sering ditemukan dalam kalimat bisa berupa kata benda.

Contoh objek dalam unsur kalimat adalah Sepeda, Gitar, Dia, dan lainnya.

4. Keterangan (K)

Keterangan dalam sebuah pola kalimat akan menjelaskan di mana dan kapan kegiatan tersebut terjadi. Ada dua macam keterangan yaitu keterangan tempat dan waktu.

5. Pelengkap (Pel)

Pada sebuah pola kalimat yang lanjut terdapat unsur kalimat tambahan yaitu pelengkap. Pelengkap disini akan menjelaskan objek sebagai informasi tambahan dari sebuah kalimat. Contoh pelengkap disini bisa bermacam-macam seperti pelengkap waktu, pelengkap predikat, hingga pelengkap objek.

Contoh Pola Kalimat

Berikut adalah contoh pola kalimat SPOK dasar hingga lanjut dalam bahasa Indonesia. Kamu bisa menggunakannya dalam tulisan ataupun saat sedang berkomunikasi. Contoh pola kalimat adalah:

1. Kalimat SP (Subjek dan Predikat)

Kalimat SP ini mempunyai unsur kalimat subjek dan predikat. Kalimat SP merupakan sebagai pola dasar kalimat dalam bahasa Indonesia. Predikat kalimat ini berupa kata sifat, kata kerja, atau kata bilangan. Contoh penggunaan kalimat SP:

  • Dia – cerdas. (S-P Kata Sifat)
  • Mereka – sedang belajar. (S-P Kata Kerja)
  • Temannya – seorang selebgram. (S-P Kata Benda)
  • Peserta audisi Indonesian Idol – berjumlah sepuluh ribu orang. (S-P Kata Bilangan)

2. Kalimat SPO (Subjek, Predikat, dan Objek)

Kalimat SPO memiliki unsur kalimat subjek, predikat, dan objek. Objek di sini bertindak sebagai sesuatu yang berhubungan dengan subjek melalui sebuah predikat. Contoh penggunaan kalimat SPO:

  • Mereka – sedang belajar – bahasa Jepang. (S-P-O)
  • Rani – sedang ujian – bahasa Inggris. (S-P-O)
  • Sepupuku – mengendarai – sepeda. (S-P-O)

3. Kalimat SPK (Subjek, Predikat, dan Keterangan)

Kalimat SPK mempunyai unsur kalimat subjek, predikat, dan keterangan. Keterangan ini bisa berupa keterangan waktu dan tempat. Contoh penggunaan kalimat SPK:

  • Doni – berolahraga – di pagi hari. (S-P-K Waktu)
  • Tetanggaku – pulang kampung – ke Bandung. (S-P-K Tempat)
  • Dia – bermain – di Lapangan – saat sore. (S-P-K Waktu)

4. Kalimat SP Pel (Subjek, Predikat, dan Pelengkap)

Kalimat SP-Pel mempunyai unsur kalimat subjek, predikat, dan pelengkap. Kata pelengkap ini bentuknya seperti objek, tetapi dia hanya bersifat melengkap objek sebagai tambahan informasi dari sebuah kalimat. Contoh penggunaan kalimat SP-Pel:

  • Saya – memberikan – kado ulang tahun. (S-P-Pel)
  • Pamanku – menanam – padi. (S-P-Pel)
  • Mereka – sedang makan – malam. (S-P-Pel)

5. Kalimat SPOK (Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan)

Pola kalimat SPOK mempunyai unsur kalimat subjek, predikat, objek, dan keterangan waktu ataupun keterangan tempat. Berikut contoh pola kalimat SPOK:

  • Galih – menyetir – mobil – di malam hari. (S-P-O-K Waktu)
  • Galuh – bermain – sepeda – di Kompleknya. (S-P-O-K Tempat)
  • Dewi – merapikan – pakaian – di Lemari – kemarin. (S-P-O-K Tempat-K Waktu)

6. Kalimat SPO Pel (Subjek, Predikat, Objek, dan Pelengkap)

Kalimat SPO-Pel memiliki unsur kalimat subjek, predikat, objek, dan pelengkap. Contoh penggunaan kalimat SPO-Pel:

  • Bapak Guru – mengirimkan – dia – surat. (S-P-O-Pel)

7. Kalimat SP Pel K (Subjek, Predikat, Pelengkap, dan Keterangan)

Kalimat SP-Pel-K mempunyai unsur kalimat subjek, predikat, pelengkap, dan keterangan waktu atau keterangan tempat. Contoh kalimat SP-Pel-K:

  • Arina – bermain – gitar – di Kelas. (S-P-Pel-K Tempat)

8. Kalimat SPO Pel K (Subjek, Predikat, Objek, Pelengkap, dan Keterangan)

Kalimat SPO-Pel-K memiliki unsur subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan tempat ataupun waktu. Contoh kalimat SPO-Pel-K:

  • Saya – memberikan – dia – kado – saat ulang tahunnya – di Rumahnya. (S-P-O-Pel-K Waktu-K Tempat)

Itulah contoh pola kalimat SPOK yang biasa digunakan sehari-hari dalam penulisan atau pun secara lisan. Semoga bisa menambah wawasan dan menjadikan informasi yang bermanfaat buat kamu ya!

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *