Online Shopping

Ini Tips COD yang Aman untuk Pembeli dan Penjual

tips cod aman

Tips COD (Cash on Delivery) wajib kamu terapkan ketika ingin belanja atau berjualan online. Karena, walaupun punya banyak kelebihan, metode pembayaran ini tidak selamanya akan berjalan mulus.

COD sendiri adalah istilah yang mungkin sudah akrab di telinga banyak orang, apalagi bagi penggemar belanja online. Karena sangat memudahkan bagi pembeli yang ingin membayar pesanan.

Jadi, ayo pahami tentang COD dan tips untuk melakukannya dalam artikel ini. Apakah kamu seorang pembeli maupun penjual, jangan lewatkan pembahasannya.

Apa Itu COD?

Jangan terburu-buru ingin membaca tips COD, mari mulai dahulu dengan mengenal istilah apa itu COD. Istilah cash on delivery atau COD adalah metode pembayaran yang memungkinkan pembeli untuk memayar ketika paketnya sudah tiba di alamat tujuan.

Jika menggunakan metode pembayaran ini, kamu tidak perlu membayar pesanan melalui transfer bank atau e-wallet. Cukup siapkan ung tunai ketika kurir mengantarkan paket ke rumah.

Baca juga: Non COD Artinya Apa? Inilah Definisi dan Perbedaannya dengan COD

Tips COD Aman bagi Pembeli

Sebelum kamu melakukan check out di marketplace, jangan lupa terapkan tips aman COD berikut ini. Supaya tidak terjadi kesalahan maupun kerugian di kemudian hari.

1. Memilih Penjual Terpercaya

Tips COD yang wajib kamu terapkan pertama adalah memilih penjual terpercaya. Penjual terpercaya sudah pasti akan mengirimkan produk sesuai dengan pesananmu.

Kamu bisa melihat testimoni positif dari pembeli lainnya ketika ingin tahu apakah penjualnya terpercaya atau tidak. Jadi, jangan langsung check out barang begitu saja ketika belanja online.

2. Memilih Ekspedisi Terbaik

Tips COD aman bagi pembeli selanjutnya ialah memilih ekspedisi COD yang berkualitas dan terpercaya. Karena, tidak semua ekspedisi menyediakan layanan tersebut.

3. Siapkan Uang Pas

Tips saat COD selanjutnya ialah menggunakan uang pas. Tujuannya supaya lebih mudah bagi kurir ketika mengantarkan pesanan. Hal ini juga lebih menghemat waktu kurir karena bisa langsung mengirim paket pembeli lainnya.

4. Merekam Video Ketika Membuka Paket

Tips COD yang tidak boleh dilewatkan adalah merekam paket ketika dibuka. Tujuannya supaya bisa komplain ke penjual ketika barang yang diterima ternyata rusak atau salah kirim.

Kamu bisa klaim pengembalian uang atau penukaran barang ke penjual dengan bukti video unboxing. Jadi, tidak akan rugi ketika memesan barang secara online.

5. Memahami Syarat dan Ketentuan COD

Setiap marketplace pasti punya syarat dan ketentuan COD masing-masing. Jadi, pastikan untuk membaca syarat atau ketentuannya sebelum memilih metode pembayaran Cash on Delivery?

Lalu, apakah bisa COD tanpa marketplace? Kalau kamu punya pertanyaan semacam ini, langsung saja tanyakan pada penjualnya. Karena tidak setiap penjual menawarkan layanan Cash on Delivery.

Tips Aman COD bagi Penjual

Setelah membaca tips COD untuk pembeli, mari baca juga tipsnya bagi penjual. Karena, baik penjual maupun pembeli sama-sama menggunakan metode pembayaran tersebut. Berikut tips aman COD bagi penjual:

1. Memastikan Produk yang dijual Telah Sesuai dengan Deskripsi

Tips COD bagi penjual adalah memastikan produk yang dijual telah sesuai dengan deskripsi. Pastikan kamu menuliskan deskripsi secara detail guna meminimalisir pengembalian produk atau pembatalan pesanan oleh pembeli.

2. Memeriksa Alamat Pengiriman

Tips COD lainnya untuk penjual adalah memeriksa alamat pengiriman sudah benar. Pastikan pembeli menuliskan alamat pengirimannya dengan benar. Jangan sampai tertipu dengan alamat fiktif.

3. Memastikan Nomor Telepon dapat Dihubungi

Selain memastikan alamat pengiriman, kamu juga perlu memastikan nomor telepon pembeli dapat dihubungi. Akan lebih baik kalau nomornya tersambung dengan aplikasi WhatsApp.

4. Bertemu di Lokasi Ramai

Untuk kamu yang menjual barang secara langsung tanpa melalui marketplace, coba saja membuat janji temu di lokasi yang ramai. Jadi, pembeli bisa langsung membayar barangnya.

Baca juga: Hati-Hati Modus Penipuan Paket COD yang Terus Beredar

Jangan membuat janji temu di tempat yang sepi atau jauh dari jalan raya. Hal ini untuk mencegah risiko tindakan kejahatan. Akan lebih baik lagi kalau kamu ditemani orang terdekat saat akan bertemu pembeli.

5. Memastikan Kurir Menerima Pembayaran Terlebih Dahulu

Kalau misalnya kamu mengandalkan jasa ekspedisi, maka bisa menyerahkan urusan pengiriman paket pada kurir.

Lalu, jangan lupa sampaikan pada kurir untuk menerima pembayaran terlebih dahulu sebelum pembeli membuka paketnya. Jangan sampai kurir justru membiarkan pembeli membuka paketnya sebelum membayar.

6. Meminta Kurir Memberi Bukti Pengiriman Paket

Saat mengandalkan jasa ekspedisi, pastikan meminta kurir untuk memotret pembeli ketika menerima paket. Hal ini sebagai bukti dokumentasi penerimaan paketnya.

Metode pembayaran Cash on Delivery memang sangat menarik untuk dicoba. Namun, pastikan kamu menerapkan tips COD dalam artikel ini supaya mendapatkan keuntungannya.

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *