Logistik

Cara Mengetahui Kiriman Sudah Sampai Mana

cara mengetahui paket sudah sampai mana

Mengetahui cara mengetahui barang kiriman sudah sampai dimana adalah sebuah wawasan penting di zaman serba online seperti sekarang ini. Padahal tentu saja ada alasan tersendiri kenapa paket A sampai tepat waktu dan paket B lambat sampainya.

Daripada berpikiran buruk kepada kurir, penjual, dan sebagainya, sebaiknya cari tahu dulu cara memeriksa lokasi paket. Berbelanja online memang memberikan kemudahan bagi orang-orang yang terkendala untuk pergi ke toko offline secara langsung.

Baca juga: Cara Mengecek Resi ke Semua Ekspedisi dengan Akurat

Cara Mengetahui Kiriman Sudah Sampai Mana

Perkembangan teknologi selalu beriringan dengan situasi yang mau tidak mau harus mampu disesuaikan. Beradaptasi dengan perkembangan zaman dan segala teknologi salah satunya adalah dengan mencari tahu cara mengetahui kiriman sudah sampai mana berikut ini:

1. Periksa Invoice

Solusi pertama untuk mencari tahu lokasi barang adalah dengan memeriksa invoice. Dari invoice tersebut, sudah tercantum keterangan barang, nama toko online, sampai jasa ekspedisi atau layanan kurir yang digunakan. Biasanya invoice ini kamu dapatkan setelah melakukan transaksi atau memilih metode pembayaran.

Jika pembayarannya langsung di tempat tentu invoicenya akan tertulis belum lunas dimana kamu harus melunasinya di lokasi. Sebelum masuk ke tahap berikutnya, beberapa penjual akan mencantumkan estimasi waktu sampai sehingga kamu tidak bertanya-tanya. Jika pada invoicenya sudah tertera keterangan lengkap sampai ke estimasi barang sampai, kamu bisa lebih tenang.

2. Periksa Nomor Resi

Invoice sudah dibaca, sekarang bagaimana cara mengetahui paket sudah sampai dimana? Kamu bisa input nomor resi pada situs khusus. Dari sana akan terlihat jelas posisi paketnya dalam posisi apa.

Untuk melacak nomor resi ini, kamu harus tahu kode ekspedisi apa? Karena berbeda ekspedisi akan berbeda juga kumpulan karakter yang dijadikan sebagai nomor bukti pengiriman. Jadi, pastikan kode ekspedisinya diinput dengan tepat.

Kamu dapat melacak paket dengan melakukan cek resi ke semua ekspedisi secara akurat menggunakan situs platform Cekidot.id dengan lebih dari 20 pilihan jasa ekspedisi pada halaman cek resi.

3. Periksa Kurir yang Digunakan

Jika dua solusi sebelumnya belum cukup menjawab, Kamu bisa menerapkan solusi ketiga, yakni dengan memeriksa kurir. Untuk beberapa layanan pengiriman instan, keterangan nama kurir dan nomor teleponnya akan disematkan.

Sehingga kamu bisa menghubungi kurir secara personal tanpa melalui perantara admin ekspedisi terlebih dahulu. Namun, umumnya layanan pengiriman instan ini menerapkan biaya ongkos kirim lebih mahal karena pengiriman terfokus ke satu alamat saja.

Baca juga: Brand Jasa Pengiriman Terpopuler di Indonesia

4. Lacak Paket Secara Rutin

Terakhir, cara untuk memastikan lokasi paket adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Kamu wajib untuk melakukan lacak paket secara berkala agar tau posisi terakhir paketnya dimana.

Kamu bisa mengadukan permasalahan jika dirasa perlu ke pihak marketplace maupun ekspedisi. Namun, sekalipun disediakan layanan aduan, sebaiknya aduan tersebut dilakukan setelah segala upaya mandiri dilakukan agar tidak merugikan banyak orang, termasuk penjual yang jujur.

Itulah solusi yang sudah kami berikan, tinggal kamu aplikasikan jika sering berbelanja online. Kemudahan toko online adalah membuat tenaga dan waktu terpakai secara lebih hemat dan efisien, namun di sisi lain, kamu juga harus melengkapi wawasan terkait prosedur jual belinya.

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *