Investasi

Cari Tahu Cara Menabung Unik Anti Tergoda Mengambil Uangnya

cara menabung unik di rumah

Kesulitan menabung karena gatel ingin mengambil terus hasil tabungannya? Pahami cara menabung unik yang efektif dan bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan uang tanpa takut tergoda mengambilnya.

Terkadang menabung itu bukan sulit karena tidak ada dananya, tetapi godaan untuk menggunakan uang demi memenuhi keinginan kita. Padahal jika dipaksakan, menabung menjadi hal yang mudah dilakukan dan tidak akan merasa kesulitan juga. Sebab seringkali yang menghambat adalah tidak bisa membedakan prioritas kebutuhan dengan keinginan membeli sesuatu demi memuaskan diri.

Lalu bagaimana cara menabung yang unik dan bikin semangat itu? Nah, beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah!

Cara Menabung Unik di Rumah yang Bikin Semangat

Sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan sama sekali, kami memiliki berbagai cara menabung yang unik dan bikin semangat yang bisa kamu terapkan di rumah. Ikuti beberapa tips di bawah ini dan lihat hasilnya akan sebanyak apa tabungan kamu:

1. Menabung di Tanggal Favorit

Setiap orang memiliki tanggal kesukaan, baik berhubungan dengan hari kelahiran atau bahkan momen penting, seperti pernikahan. Hari kelahiran anak juga bisa menjadi salah satu alasan kamu menyukai tanggal dan angka tertentu atau menganggapnya spesial.

Kesukaan terhadap angka tertentu ini bisa menjadi dorongan untuk menerapkan cara menabung unik dan menyenangkan. Nominalnya tidak masalah, berapa saja, baik besar maupun kecil, tapi yang terpenting adalah menyisihkan uang dengan konsisten setiap bulan.

Tapi, berapa uang yang harus ditabung? Tidak perlu sesuai angkanya, kamu bisa menyisihkan berapa saja, asalkan rutin dilakukan. Misal, bulan pertama bisa menyisihkan Rp100.000, bulan kedua Rp20.000, tidak masalah asalkan rutin dilakukan.

2. Kumpulkan Uang Koin 500 dan 1000

Biasanya ketika membeli sesuatu dan mendapatkan kembalian uang koin, kita cenderung abai dan sembarangan menyimpannya di mana saja. Padahal jika dikumpulkan, uang koin ini bisa sangat berguna, terlebih terkadang kita enggan bertransaksi menggunakan uang koin.

Daripada dianggap tidak ada dan lenyap tidak tahu rimbanya, akan lebih baik kamu kumpulkan sebagai salah satu cara menabung unik di rumah menggunakan celengan jadul. Tidak perlu dihitung berapa jumlahnya, namun saat terasa penuh bisa ditukarkan ke minimarket.

Kenapa ditukarkan ke minimarket? Agar lebih mudah untuk menyimpannya di rumah. Kemudian cara menabung unik ini tidak membatasi kamu mengumpulkan koin 500 dan 1000 saja, biasanya minimarket masih menerima koin 200 dan 100 rupiah juga.

3. Menabung Sesuai Tanggal Ganjil dan Genap

Trik yang satu ini juga terbilang unik karena kamu menabung sesuai jenis angka setiap harinya. Bisa setiap hari menabung sesuai angka atau tanggal, bisa juga hanya menabung di tanggal ganjil atau di tanggal genap saja.

Salah satu cara menabung yang unik ini bisa menjadi inspirasi atau semangat yang mendorong kamu mengumpulkan uang. Jika hanya memilih tanggal genap atau ganjil saja, maka salah satunya dapat dimanfaatkan sebagai cheating atau waktu bebas tidak menabung.

Semangat menabung pastinya sudah tertanam pada diri setiap orang, akan tetapi bagaimana cara menabung agar tidak diambil terus? Pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh keseriusan. Salah satunya harus tegas pada diri sendiri jika waktu nabung ya nabung.

4. Mengikuti Arisan

Arisan biasanya menjadi budaya ibu – ibu atau perkumpulan sosial dengan nominal tertentu. Ajang ini selain bisa menjadi sarana silaturahmi juga ternyata bisa menjadi salah satu trik untuk menghemat uang karena setiap bulannya ada kewajiban untuk arisan.

Biasanya jika melibatkan banyak orang akan lebih malu jika tidak bisa membayar rutin. Jadi, tepat sekali apabila arisan disebut sebagai salah satu cara unik menabung sekaligus menambah pertemanan atau bahkan berdampak panjang pada link bisnis.

Arisan merupakan salah satu cara menabung unik yang sepertinya disukai ibu – ibu dan kaum sosialita. Karena selain dorongan untuk mengumpulkan uang juga menjadi dorongan untuk selalu tepat membayar uang arisan agar tidak dianggap menyusahkan orang lain.

5. Menyisihkan Setiap Uang Lembar yang Sama

Trend menabung ini sepertinya sudah banyak dilakukan, caranya kamu harus konsisten menyisihkan nominal uang tertentu setiap minggu, bulan, atau hari. Misal, tidak perlu banyak – banyak, kamu bisa menyisihkan nominal Rp2.000 setiap hari selama sebulan.

Ketika sudah terkumpul selama 30 hari, selanjutnya bisa lengkapi cara unik menabung di rumah ini dengan menukarkan uangnya ke bank. Mendapati jumlah uang dengan nominal baru biasanya akan memberikan semangat lebih untuk menabung serajin mungkin kedepannya.

Sekarang ramai sudah ada dompet transparan yang bisa memuat uang lembaran beberapa rupiah sampai target yang ditentukan. Kamu bisa menerapkan cara menabung unik ini untuk memenuhi target nilai rupiah sesuai tujuan awal menabung.

6. Menggunakan Celengan Target

Celengan target sudah banyak dijual di ecommerce maupun toko konvensional dengan menuliskan target nominal tertentu. Selain bisa memicu semangat untuk mengumpulkan uang, celengan target juga memberikan laporan rutin berapa jumlah tabungan dari waktu ke waktu.

Kamu bisa melihat berapa jumlah nominalnya dari hari ke hari tanpa harus membuka celengan lebih dulu. Jumlah nominal yang sama juga bisa digunakan untuk memenuhi celengan target.

Misal, setiap hari menabung Rp 20.000 dan dilakukan selama 1 tahun, maka kamu akan mendapatkan uang tabungan sebanyak Rp 7.300.000. Cukup besar bukan hasilnya? Cara menabung unik ini harus dilakukan secara konsisten agar bisa sesuai dengan target.

7. Menabung dari Uang Kembalian

Menabung uang dari kembalian belanja termasuk salah satu trik unik dan tidak akan menjadi beban. Kamu tidak perlu secara sengaja menyisihkan uang untuk menabung, cukup setiap kali belanja, kembaliannya disimpan untuk dikumpulkan sebanyak mungkin.

Nominalnya tentu tidak akan menentu dan bisa jadi selama seharian kamu tidak menabung karena tidak belanja atau tidak memiliki kembalian. Tidak ada salahnya untuk mencoba cara menabung unik ini supaya tidak terlalu terasa ada tekanan untuk menyisihkan uang.

Berapapun uang kembalian yang kamu terima, jangan dulu diabaikan, sekalipun 100 dan 200 rupiah. Simpan semuanya tanpa perlu dihitung sebagai salah satu cara menabung unik yang bisa membantu kamu menyediakan dana tidak terduga di akhir bulan.

8. Menabung Setiap Hukuman

Berbeda dengan poin sebelumnya, untuk poin ke delapan ini justru dorongan menabungnya penuh dengan paksaan. Misal, kamu sudah membuat target pengeluaran selama satu bulan sebesar Rp3.000.000, namun ternyata setelah diperiksa, pengeluaran itu melebihi target.

Misal, lebih Rp200.000 maka sebesar nominal yang lebih itu pula harus kamu tabungkan di awal bulan berikutnya. Dorongan terkait bagaimana cara menabung uang di rumah? Memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan sama sekali.

Salah satu cara menabung unik ini membutuhkan konsistensi dan kejujuran karena kamu hanya melibatkan diri sendiri. Namun, sebagai pengontrol bisa juga melibatkan orang lain yang terpercaya guna menghitung dan mengawasi apakah kamu taat aturan atau tidak.

9. Menabung dari Target Investasi Reksadana

Yang kali ini bukan lagi trik nabung sendiri di rumah, tetapi sudah melibatkan investasi yang tentunya menggunakan pihak ketiga. Sekarang untuk nabung reksadana sudah lebih mudah, kamu bisa menggunakan berbagai platform online dan nabung secara digital.

Untuk menjalankan cara menabung unik ini, kamu harus menentukan berapa besar uang yang harus dikumpulkan sampai waktu tertentu. Setelah itu kumpulkan uangnya setiap hari sampai target nominal tercapai sesuai rencana awal ketika hendak investasi.

Karena trik menyimpan uang satu ini sudah melibatkan aplikasi maka sebaiknya kamu jeli memilih app terpercaya. Pastikan klaim bagus bukan hanya dikeluarkan pihak penyedia app, tetapi juga diakui oleh para pengguna sebelumnya melalui testimoni.

10. Menabung dengan Pasangan

Yang satu ini butuh support dari pasangan karena dilakukan berdua dan memiliki tujuan tertentu. Namun, salah satu cara menabung unik ini agak riskan jika dilakukan bersama pasangan belum sah demi membeli rumah, biaya nikah, dan berbagai tujuan lainnya.

Tidak ada jaminan hubungan bisa langgeng sampai ke jenjang pernikahan, namun tentu saja ada yang berhasil melaluinya. Beda halnya dengan nabung bersama pasangan sah, segala sesuatunya lebih terjamin dan tidak akan canggung untuk saling membicarakan tujuan.

Banyak hal yang bisa dijadikan sarana pendorong untuk rajin menabung setiap hari. Setiap orang memiliki kecenderungan tersendiri, lebih mudah nabung jika dipaksa atau nabung karena tidak sengaja, mana saja cara menabung unik bisa disesuaikan dengan orangnya.

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *