Logistik

Inilah Perusahaan Jasa Pengiriman Terpopuler di Indonesia

daftar jasa pengiriman

Sejak transaksi jual beli online semakin meningkat, perusahaan jasa pengiriman pun semakin banyak dibutuhkan untuk mendukung pengantaran paket yang terjadi pada aktivitas belanja online di seluruh dunia, khususnya di Indonesia.

Sebagai negara dengan memiliki penduduk salah satu terbesar di Dunia maka tidak mengherankan jika potensi pengiriman di pasar terbilang besar. Berbagai perusahaan kini telah hadir beroperasi di Indonesia, dan semakin banyak masyarakat yang mengandalkannya.

Padahal sebelumnya hanya sedikit perusahaan layanan pengiriman seperti POS Indonesia dan TIKI, namun saat ini sedang berkembang pesat. Anda tidak perlu lagi bingung memilih untuk pengiriman paket dan dokumen ke seluruh Indonesia.

Daftar Jasa Pengiriman Populer di Indonesia

Dalam dunia bisnis, jasa pengiriman digunakan untuk mengirimkan produk dari produsen ke konsumen. Sementara dalam kehidupan sehari-hari digunakan untuk mengirimkan hadiah, surat, dan barang lainnya ke keluarga dan teman-teman.

Meski banyak jasa yang menyediakan layanan pengiriman yang menjanjikan akan selamat sampai tujuan, namun biaya pengiriman bisa sangat bervariasi. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk melakukan cek ongkir terlebih dahulu.

Berikut perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman paket dan dokumen yang paling populer di Indonesia.

1. JNE Express

JNE Express merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman terbesar di Indonesia yang sudah lama eksis di Indonesia bahkan sebelum era Marketplace dan e-Commerce hadir. Sebelumnya JNE merupakan bagian dari TIKI, dan sejak tahun 1993 JNE memisahkan diri dan mengembangkan perusahaannya secara mandiri.

JNE merupakan ekspedisi yang paling populer dan banyak digunakan hingga saat ini. Layanan JNE bisa kamu gunakan melalui berbagai marketplace, e-Commerce, toko online, hingga agen JNE. Jaringan pengiriman JNE menjangkau ke lebih dari 83 kota di Indonesia dengan gerai agen penjualan berjumlah lebih dari 8,000 titik.

Cek Ongkos Kirim & Estimasi Pengiriman: Cek Ongkir JNE Express

2. J&T Express

J&T Express merupakan jasa pengiriman yang berdiri di Indonesia pada tahun 2015 dengan nama perusahaan PT. Global Jet Express. J&T berhasil menguasai pangsa pasar untuk bersaing dengan ekspedisi pendahulunya seperti JNE, meski relatif baru.

Sejak saat itu, mereka telah mengembangkan jaringan, bersaing dengan perusahaan logistik yang lebih mapan, menggunakan kemajuan teknis sebagai dasar sistem mereka, dan melakukan pengambilan cepat.

Cek Ongkos Kirim & Estimasi Pengiriman: Cek Ongkir J&T Express

3. SiCepat Ekspres

SiCepat Ekspres adalah jasa pengiriman yang perkembangannya cukup pesat dan populer sebagai perusahaan ekspedisi yang terbilang baru berdiri sejak tahun 2014. Dilansir dari laman webnya, SiCepat mencatatkan kinerja baik selama tahun 2020 dengan pengiriman paket lebih dari 1 juta paket perhari dan kenaikan transaksi lebih dari Rp 3,5 T atau sekitar 194%.

Layanan HALU menjadi pilihan favorit untuk para buyer dan seller saat melakukan traksaksi jual beli online dengan lebih dari 5 juta paket pada momen Harbolnas 12.12 tahun 2020. Pencapaian positif SiCepat Ekspres tersebut didukung oleh operasional yang cepat dan juga customer service yang responsif.

Cek Ongkos Kirim & Estimasi Pengiriman: Cek Ongkir SiCepat

4. Anteraja

Ekspedisi Anteraja merupakan perusahaan kurir yang populer dengan usianya yang terbilang masih sangat baru yaitu sejak tahun 2019. Brand dengan nama perusahaan PT Tri Adi Bersama mempunyai peningkatan yang pesat dengan munculnya di Tokopedia.

Anteraja didukung dengan teknologi yang canggih yang terintegrasi ke berbagai layanan, sehingga membuat pengirimannya menjadi cepat. Ekspedisi ini mempunyai jaringan pengiriman ke seluruh Indonesia dengan dukungan ekosistem yang lengkap.

Cek Ongkos Kirim & Estimasi Pengiriman: Cek Ongkir AnterAja

5. Wahana

Wahana merupakan perusahaan jasa pengiriman yang populer dengan layanan murahnya yaitu ongkir Rp 5.000 tanpa minimal kilo untuk area Jabodetabek yang bisa digunakan di Marketplace.

Wahana melayani pengiriman dokumen dan paket ke lebih dari 5.000 wilayah di seluruh Indonesia. Saat ini di tahun 2023, Wahana mempunyai jaringan dengan jumlah kantor cabang sebanyak 53 cabang dan 3500+ mitra agen.

Cek Ongkos Kirim & Estimasi Pengiriman: Cek Ongkir Wahana

6. TIKI

Selain POS Indonesia, ekspedisi yang tertua nomor 2 adalah TIKI yang namanya masih populer hingga saat ini. Eksistensi TIKI sudah ada sejak berdirinya di tahun 1970 dan hingga saat ini masih mampu bersaing dengan perusahaan ekspedisi lain yang jumlahnya semakin banyak.

Hingga saat ini, TIKI memiliki jaringan operasional yang meliputi 65 kota besar di Indonesia, didukung oleh lebih dari 500 kantor perwakilan, lebih dari 3700 gerai dan lebih dari 6.000 karyawan di seluruh Indonesia.

Cek Ongkos Kirim & Estimasi Pengiriman: Cek Ongkir TIKI

7. POS Indonesia

Kantor POS Indonesia menjadi jasa ekspedisi pertama di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1746 dan satu-satunya ekspedisi yang dimiliki oleh negara atau BUMN. Saat ini tersedia layanan keuangan selain layanan pos dan kurir.

Didukung oleh jaringan nasional sebanyak 4.800 kantor pos dan 58.700 lokasi layanan. Kemungkinan tambahan selain pengiriman surat dan parsel termasuk layanan kargo dan pengiriman uang.

Cek Ongkos Kirim & Estimasi Pengiriman: Cek Ongkir POS

8. Lion Parcel

Lion Parcel yang merupakan anak perusahaan dari Lion Air Group menyediakan layanan pengiriman logistik dan kurir. Lion Air membuat perusahaan kurir untuk melayani pengiriman paket ke seluruh Indonesia sejak tahun 2013.

Dari awal berdiri Lion Parcel punya layanan first, middle, dan last mile untuk pengiriman domestik (dalam negeri) ke seluruh Indonesia maupun internasional. Jaringan pengiriman Lion Parcel didukung lebih dari 7.000 agen, 15.000 kurir pengiriman, dan 3.000 armada yang menjangkau hingga 98% kecamatan yang tersebar ke 34 provinsi di Indonesia.

Cek Ongkos Kirim & Estimasi Pengiriman: Cek Ongkir Lion Parcel

9. J&T Cargo

Perusaaan ekspedisi J&T Cargo merupakan anak perusahaan J&T Group yang khusus bergerak di bidang pengiriman kargo pada tahun 2021. J&T Cargo dengan brand berwarna hijau populer dengan layanan pengiriman barang besarnya. J&T Cargo menerima barang dengan volume besar, seperti motor, mobil dan lainnya.

Dengan usianya yang baru, J&T langsung dapat bersaing dengan kompetitor lainnya yang sejenis. Kehadirannya diharapkan dapat mampu mendukung kebutuhan pengiriman jumlah besar, dan menyasar kepada produsen pabrik maupun pelaku e-commerce yang memiliki kapasitas besar.

10. ID Express

ID Express yang berdiri sejak tahun 2019 mempunyai pertumbuhan jaringan yang tercepat di Indonesia. iDexpress hadir dengan layanan yang dapat kamu gunakan selama 24 jam setiap harinya tanpa libur.

iDexpress atau dengan nama perusahaan PT IDExpress Logistik Indonesia hadir sebagai perusahaan pengiriman pertama di Indonesia yang mengoptimalkan pengelolaan sistem dengan teknologi yang maju menggunakan perangkat lunak berbasis robot.

Cek Ongkos Kirim & Estimasi Pengiriman: Cek Ongkir ID Express

11. Ninja Xpress

Ninja Xpress adalah perusahaan pengiriman ekspres berbasis teknologi yang menyediakan layanan pengiriman paket dan dokumen dengan jangkauan ke seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

Ninja Xpress merupakan anak perusahaan dari Ninja Van yang beroperasi di Singapura. Ninja Xpress berdiri pada tahun 2014 beroperasi pertama kali di Singapura dan telah menjadi perusahaan pengiriman terbesar dan tercepat di kawasan ini.

Cek Ongkos Kirim & Estimasi Pengiriman: Cek Ongkir Ninja Xpress

12. SAP Express

SAP Express merupakan jasa pengiriman yang populer untuk layanan COD (Cash On Delivery) bayar di tempat. Sebagai Jagonya COD di Indonesia, SAP Express dapat menjangkau pengiriman COD hingga ke pelosok daerah di Indonesia dengan pembayaran tercepat. Namun sayangnya layanan CODnya belum hadir di Marketplace.

SAP Express berdiri sejak tahun 2014 sebagai pelopor kurir berbasis android di Indonesia kini sudah mempunyai jaringan dengan lebih dari 220 cabang dan 11.600 agen ritel yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. SAP Express juga menjadi yang pertama sebagai perusahaan kurir yang terbuka dan listing di Bursa Efek Indonesia.

Cek Ongkos Kirim & Estimasi Pengiriman: Cek Ongkir SAPX Express

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *