Logistik

Inilah Ekspedisi yang Bisa COD Tanpa Marketplace & Aplikasi!

jasa ekspedisi yang bisa cod

Semakin maraknya online shop dengan fitur pembayaran yang beragam seperti Cash On Delivery (bayar di tempat), membuat sebuah simbiosis mutualisme dengan penyedia jasa pengiriman. Banyaknya kebutuhan pembayaran COD yang disukai masyarakat Indonesia di daerah, hal ini membuat banyak ekspedisi yang akhirnya bisa menyediakan layanan COD. Namun adakah ekspedisi yang bisa COD tanpa melalui Marketplace dan Aplikasi?

Saat ini pilihan untuk sistem cash on delivery memang tersedia di banyak platform situs jual beli online atau marketplace pada umumnya. Tetapi ekspedisi tersebut juga menyediakan layanan COD tanpa marketplace dan aplikasi untuk memudahkan masyarakat untuk mengirimkan paket COD tanpa perlu ribet.

Ekspedisi sepertinya turut berlomba untuk menyediakan jasa pengiriman terbaik dan terefisien, baik untuk pengiriman reguler maupun pengiriman dengan sistem COD. Untuk itu, yuk kita lihat daftar jasa ekspedisi penyedia layanan COD.

Daftar Ekspedisi yang Bisa COD Tanpa Marketplace dan Aplikasi

Kamu sedang mencari jasa ekspedisi yang bisa COD tanpa marketplace atau aplikasi? Penggunaan jasa ekspedisi yang bisa COD memang dapat memudahkan penjual dan pembeli. Namun, keuntungan ini akan lebih maksimal jika kedua belah pihak memilih perusahaan ekspedisi yang tepat dan memiliki kredibilitas yang mantap.

Inilah daftar jasa ekspedisi yang menyediakan layanan COD tanpa melalui marketplace atau aplikasi serta dapat dipercaya kredibilitasnya:

1. JNE Express

JNE merupakan jasa ekspedisi ternama dan banyak dikenal masyarakat Indonesia. Selain itu, jangkauan layanan JNE juga sangat luas. Bagi Anda yang ingin mengaktifkan sistem COD namun tidak mempunyai toko di marketplace, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendaftar program COD langsung di ekspedisi pengiriman JNE.

Syarat umumnya adalah Anda harus mengisi form COD (PCRF) melalui website JNE, mencantumkan fotokopi KTP, fotokopi NPWP Seller/Badan Usaha, fotokopi Kartu JLC, fotokopi buku rekening yang tertera nomor rekening, dan mengisi Form CS3 (Customer Self Service System). Apakah JNE YES bisa COD? Sistem COD JNE bisa digunakan untuk berbagai layanan, contohnya pengiriman Reguler, JNE YES, Super Speed, dan OKE.

2. J&T Express

J&T Express adalah salah satu jasa ekspedisi yang banyak memberikan layanan pengiriman dengan efektif dan efisien, salah satu layanan yang disediakan adalah COD. J&T bekerja sama dengan marketplace seperti Shopee, Lazada, BukaLapak, Tokopedia, Berrybenka, Hijabenka, dan lainnya. Lalu apakah J&T bisa bayar COD? Ya, sistem COD J&T sudah terkenal dapat dipercaya dan mampu mengirimkan paket dengan cepat, sehingga pembeli kebanyakan merasa puas.

Sistem COD J&T memiliki jangkauan luas dan dapat digunakan pada berbagai layanan. Selain itu, J&T juga menawarkan berbagai kemudahan bagi penjual yang mendaftar sebagai member J&T. Kemudahan ini adalah input resi otomatis dan paket yang dijemput oleh kurir.

3. TIKI

TIKI adalah salah satu jasa ekspedisi tertua di Indonesia. Sudah barang tentu, pelayanan TIKI sangat terpercaya dan telah berpengalaman dibanding jasa pengiriman ekspedisi lainnya. TIKI memperkenalkan layanan COD pada tahun 2017 dan merupakan pelopor layanan COD di seluruh Indonesia. Layanan ini khusus untuk pelaku bisnis yang sudah memiliki corporate account di TIKI. Online shop atau online seller yang ingin melakukan transaksi penjualan barang dapat menggunakan layanan COD dengan nominal harga barang maksimal Rp 3.000.000,-.

4. SiCepat

SiCepat memiliki nama yang sangat populer di Indonesia karena mampu mengirimkan paket sama persis dengan namanya, cepat. Selain itu, layanan pengiriman yang dimiliki SiCepat juga cukup lengkap. SiCepat apakah bisa COD? Ya, setiap belanja online di marketplace, salah satu transaksi pembayaran dapat melalui menggunakan cash pada saat barang diterima Sahabat SiCepat. Layanan ini baru tersedia di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Surabaya. SiCepat menjamin paket akan sampai dalam waktu maksimal 8 jam.

5. SAPX Express

Selanjutnya, SAPX Express sebagai Jagonya COD menyediakan opsi pembayaran Cash On Delivery (Bayar di Tempat) yang telah tersedia di berbagai marketplace dan e-commerce. Selain itu, jangkauannya pun cukup luas. Untuk memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi COD.

SAPX Express juga menyediakan fitur tracking dengan posisi real-time. Tentunya hal ini sangat berguna bagi Anda untuk memantau dan melacak posisi paket Anda apabila terjadi penundaan pengiriman ataupun kendala lain seperti misalnya paket terkirim ke alamat atau penerima yang salah.

6. Pos Indonesia

Sebagai salah satu jasa pengiriman surat dan paket barang tertua di Indonesia, Pos Indonesia selalu berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman yang pesat. Salah satunya ialah dengan menyediakan jasa pengiriman dengan sistem COD. Bagi online seller yang ingin memakai layanan COD Pos Indonesia, Anda harus mendaftar melalui aplikasi Pos Play yang bisa diunggah di Play Store.

Pos Pay juga digunakan sebagai penampungan dana COD dari paket yang sudah berhasil dikirim ke konsumen. Normalnya dana akan masuk dalam 1-2 hari kerja dari Status barang diterima pembeli. Fee dari COD ini untuk nilai barang hingga Rp150.000 adalah Rp. 1.500 per paket, sedangkan untuk barang yang harganya lebih dari Rp150.000 maka dikenakan biaya sebesar 1% dari nilai COD. Biaya akan dipotong langsung melalui Rekening Pos Pay Anda.

7. Ninja Xpress

Perusahaan ekspedisi asal Singapura ini mulai berekspansi masuk ke pasar marketplace Indonesia. Meski tergolong merupakan nama baru di kancah online business di Indonesia, Ninja Express menorehkan kepercayaan penggunanya sehingga menjadi layanan jasa ekspedisi yang dapat diandalkan, termasuk layanan COD-nya.

Ninja Xpress menawarkan layanan COD untuk penjual dengan biaya sebesar 3% dari harga produk atau maksimal sebesar Rp5.000. Wilayah pengirimannya mencakup seluruh Indonesia dan seller akan menerima uang atas pembayaran produk setiap hari Jumat. Caranya mudah, Anda bisa mendaftar di website resmi Ninja Xpress.

8. Shopee Express

Ekspedisi yang menyediakan sistem COD berikutnya adalah Shopee Express. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan nama besar Shopee Express. Jasa kirim ini merupakan ekspedisi milik marketplace Shopee Indonesia. Untuk opsi pembayaran COD, Shopee Express baru menerima pengiriman ke kota-kota besar saja dan masih dalam lingkup yang terbatas. Sedangkan ketentuan barang yang bisa dikirim adalah minimal Rp50 ribu dan maksimal Rp3 juta. 

9. Deliveree

Deliveree adalah jasa pengiriman populer di Indonesia yang menawarkan banyak kemudahan bagi pebisnis maupun masyarakat umum. Pengguna Deliveree dapat menggunakan layanan pengiriman barang untuk berbagai keperluan, misalnya pindahan, cargo, dan ekspedisi paket. Khusus untuk penjual, Deliveree juga menawarkan layanan COD. Namun, penjual perlu membuat akun bisnis Deliveree untuk bisa menikmati layanan ini.

10. ID Express

Mungkin sebagian orang masih belum familiar dengan ID Express. Hal ini dapat dimaklumi karena perusahaan ini baru didirikan pada tahun 2019. Meskipun masih tergolong baru, namun ID Express dapat dipercaya untuk mengirim paket secara cepat dan aman. Apakah ID Express melayani COD? Ya, tentunya ID Express juga menawarkan berbagai layanan dan salah satunya dilengkapi dengan sistem COD. Perusahaan ini tidak mengharuskan penjual untuk memiliki akun marketplace untuk menggunakan pengiriman COD.


Dengan demikian, penjual yang berjualan di Instagram atau media sosial lainnya dapat menikmati sistem pengiriman tersebut.Demikianlah daftar nama jasa ekspedisi yang menyediakan layanan COD. Meskipun jasa ekspedisi telah banyak menyediakan layanan COD dan sangat profesional membantu Anda mengirimkan pesanan,

Anda tetap harus memperhatikan proses pengiriman pesanan via COD dan cermati peraturan COD dari marketplace dan jasa pengiriman terkait agar Anda lebih memahami alur COD yang mereka laksanakan. Berbelanja dengan sistem COD tampaknya sudah bukan hal yang sulit lagi karena melihat banyaknya pilihan jasa ekspedisi pengiriman yang disebutkan dalam ulasan di atas.

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *